Senin, 11 April 2016

ADMINISTRASI KELOMPOK TANI- NELAYAN



Administrasi merupakan faktor penting dalam pengelolaan kelompok tani- nelayan. Dengan administrasi yang baik maka kita dapat menjalankan roda organisasi kelompok tani – nelayan, baik menyangkut usaha kelompok maupun manajemennya.
            Administrasi yang dimaksud disini bukan administrasi modern yang membutuhkan perangkat keras maupun lunak seperti layak nya perusahaan besar, tetapi suatu administrasi yang sederhana yang sesuai dan dapat di kerjakan oleh petani-nelayan.
Manfaat Administrasi :
1.        Sebagai media kerjasama kelompok, Karena dalam pengelolaan administrasi memerlukan hubungan antara anggota yang satu dengan lainnya, antara pengurus dengan anggota.
2.        Sebagai ikatan moral agar kelompok tidak bubar, jika dalam pengelolaan administrasi kelompok terdapat ketentuan bahwa bila anggota kelompok keluar maka modal/tabungannya menjadi milik kelompok. Ini berarti membuat anggota berfikir panjang sebelum keluar dari kelompoknya.
3.        Mempunyai nilai demokrasi. Dalam rapat-rapat penentuan suatu keputusan, untuk dimasukkan dalam pembukuan dan pencatatan dapat dikembangkan sikap musyawarah mufakat.
4.        Untuk melihat perkembangan kelompok dalam segala hal seperti tabungan kelompok, jumlah anggota, kegiatan, kekayaan, pendidikan dan keterampilan.
5.        Sebagai sarana belajar bagi pengurus dan anggota kelompoktani-Nelayan dan hal pengelolaan administrasi.



Jenis Buku dan Catatan Kelompok
       Dalam kegiatan kelompoktani-Nelayan ada beberapa jenis buku atau catatan yang perlu dilakukan yaitu :
1.        Buku daftar anggota dan pengurus (register)

2.        Buku inventaris kekayaan kelompok
format buku

3.        Buku kas (pemasukan dan pengeluaran uang)

4.        Buku kegiatan harian

5.        Buku tamu.

6.        Buku agenda (surat masuk/keluar)

7.        Buku perkembangan ternak

8.        Buku tabungan kelompok.

9.        Buku hutang dan piutang

10.    Buku notulen rapat

11.    Buku daftar hadir/absensi kegiatan kegiatan

12.    Buku Saprodi.

       Selain ke duabelas buku administrasi di atas, kelompoktani juga dilengkapi dengan buku laporan keuangan; Buku Kas Bantu Simpanan Sukarela; Buku Kas Bantu Simpanan Pokok dan Iuran Simpanan Wajib anggota; Buku Aneka Jenis Usaha tani; Buku Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) beserta  buku rekapitulasi pembagian jasa.
Laporan keuangan tiap bulan


Bila ingin mengetahui seperti apa format buku Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah tangga (AD/ART) itu? atau format buku Aneka Jenis Usaha Tani, silahkan bertanya lebih lanjut. kiranya materi ini dapat bermanfaat untuk memajukan kegiatan dikelompoktani binaan kita. salam pertanian !!!





2 komentar:

  1. sangat bermanfaat untuk kepentingan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang pertanian walaupun memiliki perbedaan antara dunia pertanian dengan dunia perikanan setidaknya dalam hal manajemen hampir ada kemiripan, terimakasih atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi saya (JOKO NOVENDA PRASETYO AMRI)

    BalasHapus
  2. Apakah ad/art kelompok tani bisa di baha juga , untuk memperluas pengetahuan petani

    BalasHapus